Situs-situs Ini Dapat Membantumu Belajar Digital Marketing dalam Bahasa Indonesia

08.10 Unknown 1 Comments



Kamu sedang ingin belajar Digital Marketing dan bingung mencari referensi situs yang berbahasa Indonesia? Sebenarnya banyak sekali referensi website untuk belajar digital marketing apalagi yang berbahasa Inggris. Tapi kali ini saya akan memberi rekomendasi situs berbahasa Indonesia yang bisa kalian kunjungi jika ingin belajar lebih banyak tentang digital marketing.


Situs-situs yang saya rekomendasikan ini didasarkan pada pengalaman selama beberapa waktu membaca situs-situs tersebut dibandingkan situs lain. Beberapa alasan saya menyukai dan merekomendasikannya antara lain tampilan yang menarik, penjelasan yang berbobot, iklan yang tidak mengganggu, contoh yang detail, dan kenyamanan membaca artikel di situs-situs tersebut.

1. PanduanIM

Halaman Depan PanduanIM.com

Ini adalah situs favorit saya, saya menemukannya beberapa bulan yang lalu ketika browsing tentang social media marketing. Artikel dan panduan situs ini di tulis oleh Mas Darmawan, saya juga tidak tahu siapa nama lengkapnya tapi tulisannya benar-benar berkualitas menurut saya. Dengan desain web yang sederhana serta tata letak dan pemilihan font di situs ini benar-benar membuat nyaman membaca lama-lama artikel-artikel panjang yang ada disana. Artikel panduan di situs ini memang tidak terbit secara rutin dalam jangka waktu tertentu. Namun, pembahasan yang benar-benar mendalam membuat postingan  baru dari situs ini selalu dirindukan.

 Ada berbagai seri panduan Online Marketing yang disediakan disini antara lain SEO, Social Media Marketing, Memulai Bisnis Online, Keyword Research, Content, Marketing, Copywriting, Lead Magnet dan WordPress. Masing-masing panduan tersebut juga tidak langsung dibahas habis tapi dibagi menjadi beberapa bab sesuai tingkat kesulitan. Selain panduan-panduan tersebut ada juga blog yang membahas hal lain di luar panduan tersebut, misalnya tentang studi kasus membuat blog dari awal. Situs ini saya rasa akan sangat cocok untuk kamu yang sedang merasa ‘belajar internet marketing mulai darimana?’. 

2.Empathic.marketing

Empathic.marketing

Empathic Marketing sebenarnya adalah sebuah lembaga yang menawarkan jada riset pemasaran. Walau di menu Artikel di situsnya hanya ada 9 artikel saja, namun saya merasa artikel yang ada disana cukup berkualitas. Saya menemukan situs ini ketika melihat salah satu postingan tentang Menggunakan Instagram Untuk Pemasaran  di sebuah group facebook. Sama seperti PanduanIM tidak terbit secara rutin, namun saya yakin situs ini akan membuat terus artikel tentang Digital Marketing yang berkualitas.

MaxManroe.com

MaxManroe adalah sebuah blog yang membahas berbagai hal tentan dunia Bisnis dan Digital Marketing. Artikel yang ada di situs ini memiliki kategori yang sangat beragam seperti SEO, Blogging, Start Up, Social Media, Tips & Trick dan artikel umum lainnya di dunia teknologi dan bisnis. 

Walaupun artikel di situs ini sangat update, namum membaca di situs ini bagi saya masih kurang nyaman jika dibangingkan di dua situs sebelumnya. Situs ini cocok untuk kalian yang ingin update informasi tentang dunia start up, internet marketing, blogging, dsb. Kalau untuk belajar digital marketing secara intens saya rasa masih kurang karena artikelnya yang sangat banyak dan sedikit susah dieksplor.

4.Startup Bisnis

StartupBisnis.com

StartupBisnis.com menyebut diri mereka sebagai media yang mengedukasi pengusaha bisnis online dan startup Indonesia untuk membangung bisnisnya. Membaca artikel di situs ini lumayan nyaman bagi saya. Walaupun lebih fokus pada bagaimana membangun sebuah startup, artikel tentang Digital Marketing yang ada disini cukup banyak juga. Mulai dari optimasi blog, seo, dan social media. 

Ada hal yang cukup mengganggu bagi saya ketika mengunjungi situs ini, yaitu sering munculnya form yang menawarkan konten premium mereka. Selain itu menu yang ditampilkan di halaman depan dan ketika masuk pada pada halaman artikel berbeda menjadikan navigasi di situs cukup sulit.

5.Tech in Asia Indonesia

id.techinasia.com

Tech in Asia adalah sebuah komunitas online pelaku startup di Asia. Disini kalian akan menemukan artikel-artikel menarik tentang startup, perkembangan teknologi, review aplikasi dan juga tips and trick. Tech in Asia juga sering menayangkan artikel-artikel blogging, branding, social media marketing, content marketing, dan masih banyak lagi artikel tentang digital marketing.

 Saya sendiri hampir setiap hari membuka situs ini karena selalu ada artile baru yang menarik untuk dibaca dan menambah pengetahuan. Sayangnya di situs ini tidak ada pengkategorian artikel tentang digital marketing sehingga kalian harus mencarinya di kolom pencarian. Tech in Asia juga mempunyai kategori khusu bernama Brand Pulse untuk konten-konten bersponsor. Disini kalian bisa mendapatkan konten bersponsor yang masih sangat menarik untuk dibaca dan sangat bermanfaat. Kategori ini juga sering memberikan tips-tips tentang digital marketing seperti native ad dan sponsored content. 

Selain membaca artikel-artikel yang menarik dari Tech in Asia, kalian juga bisa melakukan kontribusi dengan membuat artikel kalian sendiri di menu Write. Artikel yang kalian buat akan dimoderasi oleh editor dari Tech in Asia, jika layak artikel kalian akan ditayangkan di web mereka dan dibaca oleh banyak orang. Tech in Asia memiliki 7.5 juta pageviews per bulan, jadi akan sangat keren jika artikel kalian bisa tayang di situs mereka.

TuhuNugraha.com
Tuhu Hugraha adalah seorang digital strategy expert yang sudah memulai karir sejak tahun 2008. Beliau juga adalah penulis dari buku WWW.HM Defining Your Digital Strategy dan seorang COO dari Upnormals Pingfans. Di situs pribadi ada banyak artikel yang membahas tentang Digital Strategy seperti blogging, social media, branding dan juga SEO.

 Artikel di situs ini juga update secara berkala, jadi jika kalian mengikuti situs ini saya yakin ke depannya akan akan artikel-artikel menarik tentang digital strategy. Membaca artikel di situs ini juga cukup nyaman. Artikel umum dan tentang digital strategy dipisahkan dalam menu yang berbeda. Namun, kategory seperti social media, SEO, branding dan sebagainya belum dikelompokkan mungkin karena belum terlalu banyak jumlah artikel yang ada. 

You Might Also Like

1 komentar: