Tidak Hanya Tentang Gerak Benda, Hukum Newton Juga Mengajarkan Kita Arti Perjuangan

17.00 Unknown 3 Comments


Kalau sebagian besar anak sekolah tidak menyukai pelajaran berhitung seperti matematika dan fisika, saya adalah orang yang sangat menyukainya bahkan sempat beberapa kali mengikuti ajang olimpiade matematika. Pada pelajaran Fisika, salah satu hukum yang sangat dasar dan mempengaruhi hukum-hukum lain adalah hukum Newton. Kali ini saya tidak akan membahas teori dan rumus-rumus fisika, tapi menghubungkan Hukum Newton dengan kehidupan. Sejatinya semua ilmu memiliki filosofi tentang kehidupan, tergantung bagaimana kita bisa merenungkannya atau tidak.


 Hukum 1 Newton – Kesuksesan dimulai langkah kecil.



“Every object persists in its state of rest or uniform motion in a straight line unless it is compelled to to change that state by force impressed on it.”

Hukum pertama Newton ini mengajarkan kita untuk melakukan perubahan. Karena segala hal akan selalu mempertahankan keadaan awal, baik itu diam atau bergerak ke arah tertentu. Kita tidak bisa mengharapkan sebuah benda bergerak atau berubah arah jika tidak memberikannya gaya atau usaha untuk berubah . Begitu juga dengan hidup ini, jika kita tidak mau berubah keadaan kita akan tetap sama seperi sebelumnya. 

Seseorang bisa ahli karena mau mengubah kebodohannya dengan belajar. Banyak orang bisa kaya karena mau berlelah-lelah dengan usaha tanpa henti. Keberuntungan memang ada, namun kita harus menjemputnya dengan usaha dan kerja keras. Bukan dengan bermalas-malasan. Segala kesuksesan dimulai dari satu langkah pertama, mulailah langkah pertamamu untuk menjadi lebih baik tidak peduli sekecil apapun usaha itu.

 Hukum 2 Newton – Usaha dan doa adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan


Force is equal to the chage in momentum per change in time. For a constan mass, force equals mass times acceleration.”
Jika pada hukum pertama kita diajarkan untuk melakukan sebuah usaha untuk berubah sekecil apapaun, ini kedua ini mengajarkan kita bagaiman melipatgandakan hasil dari sebuah usaha. Hukum ini dijabarkan dengan persamaan ∑F=m.a. Variabel  F dapat diibaratkan sebagai sebagai hasil, m sebagai usaha dan a sebagai doa. Usaha dan doa adalah dua hal yang tidak dapat ditinggalkan untuk mencapai hasil yang lebih besar. Jika salah satu saja tidak dilakukan atau bernilai nol, hasil yang akan didapat juga akan nol. Maka jika ingin hasil yang didapatkan besar, usaha dan doa yang harus dilakukan juga harus sama besarnya.

   Hukum 3 Newton – Semakin besar usaha kita, semakin besar juga cobaan yang datang.


For every action, there is equal and opposite re-action.”
Hukum ketiga ini sering disebut dengan hukum aksi reaksi. Intinya jika kita memberikan gaya pada sebuah benda maka benda tersebut akan memberikan gaya yang sama namun arahnya berbeda. Hukum ketiga ini juga berlaku dalam kehidupan. Cobaan yang kita dapat akan sebanding dengan usaha baik yang kita lakukan. 
Jika kita memiliki mimpi yang besar, setelah melakukan usaha dan doa yang banyak kita juga harus menyadari bahwa cobaan yang akan datang juga akan lebih besar. Contohnya ketika belajar di sekolah, semakin banyak yang dipelajari ujiannya juga akan semakin sulit. Maka jika kita dengan cobaan yang semakin banyak, harusnya kita sadar bahwa sebenarnya kita telah melakukan usaha yang lebih besar dari sebelumnya.
Itulah yang pelajaran yang bisa diambil dari ketiga Hukum Newton, semoga kita dapat lebih merenungkan hal-hal lain di sekitar kita dan mengambil pelajaran untuk memperbaiki diri.
Semoga bermanfaat


You Might Also Like

3 komentar:

  1. jadi kembali masalah pelajaran fisikan nih

    BalasHapus
  2. Kalo aja guru fisika-ku dulu njelasinnya model gini mungkin bakalan lebih cepat 'nangkep'nya hehe. Btw terimakasih buat bacaan yang berisi ini mas hehe

    BalasHapus